Selasa, 16 Desember 2008

Robot Unik Siap Temani dan Layani Tamu


Jepang Hitachi kembali memperkenalkan sebuah robot menyerupai manusia. Kali ini, keunikan yang ditawarkan adalah robot tersebut dapat menggantikan peranan pelayan. Robot yang dijuluki EMIEW 2 (Excellent Mobility and Interactive Existence as Workmate) ini mampu berjalan, berbicara, menyajikan minuman, bahkan menerima tamu untuk berkeliling ruangan.

Seperti dikutip detikINET dari AFP, Jumat (23/11/2007), robot ini dapat berjalan dengan menggunakan kedua kaki atau menggelinding dengan dua atau empat roda. Robot ini tampil dalam balutan jaket merah dan topi, dengan tinggi 80 centimeter (cm) dan berat 13 kilogram (kg), serta memiliki 10.000 perbendaharaan kata penting.

EMIEW 2 dilengkapi sensor untuk mengetahui lokasi objek dan bisa menyingkir untuk memberi jalan ketika ada orang yang akan lewat. Selain itu, robot ini juga diklaim mampu menggantikan resepsionis atau mengawasi keamanan. Maksud pembuatan robot ini adalah untuk mengimbangi minimnya tenaga kerja di Jepang di masa yang akan datang. Awal tahun depan, si robot pelayan kabarnya akan mulai disewakan.

3 komentar:

WT mengatakan...

Ok, nice posting

prepare ur's presentation about EMIEW 2 for 5 jan (make it in Powerpoint, duration=5-10mm)

Number of presentation will pick randomly

NB : It's better if u put picture of EMIEW 2

Anasthasia_Fransiska mengatakan...

wah...bagus leh...eh mati lu disuruh presentasi...wahahahaha
napa gak ada gambarnya....
eh, brarti tuh robot santa klaus dong..kan pake jaket merah n topi...hehehehe

Sher-sher mengatakan...

we want the picture ... edit donk. hehehe. tapi keren seh robotnya.